Artikel dan Opini dalam Sebuah Bentuk Karya Tulisan

Artikel dan Opini dalam Sebuah Bentuk Karya Tulisan

Sebelum membahas lebih jauh menyangkut artikel dan opini dalam sebuah tulisan, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu pengertian dari keduanya. Artikel merupakan salah satu jenis konten tulisan bukan fiksi yang di dalamnya biasanya juga disertai dengan beberapa data-data ataupun fakta terkait topik yang sedang dibahas dalam artikel tersebut. Sedangkan opini merupakan salah satu jenis konten yang bisa dibuat dalam bentuk tulisan dan berisi pendapat dari satu pihak atau sudut pandang seorang penulis ataupun pihak-pihak yang menawarkan jasa pembuatan artikel itu sendiri.

Perbedaan Utama Antara Artikel dan Opini

Tidak sedikit penulis yang salah dalam mengartikan konten tulisan yang berupa artikel dan tulisan yang berupa opini. Keduanya memang hampir serupa, namun sebenarnya ada beberapa perbedaan di antara tulisan artikel, dan opini. Berikut adalah 3 perbedaan utama antara artikel dan opini:

  • Biasanya dalam sebuah penulisan, kita dapat membedakan apakah tulisan tersebut termasuk ke dalam kategori artikel atau opini. Salah satu caranya adalah dengan memperhatikan bahasa yang digunakan dalam sebuah tulisan. Untuk artikel biasanya bahasa yang digunakan mengikuti pedoman bahasa berdasarkan KBBI, sementara untuk konten tulisan yang tergolong opini biasanya memiliki bahasa atau gaya penulisan yang lebih bebas karena topik bahasannya pun tergantung kepada masing-masing penulis. Tak jarang dalam sebuah tulisan opini terdapat kata-kata ataupun kalimat yang tidak biasa dengan tujuan untuk menarik minat pembaca, baik itu terletak pada judul maupun isi tulisan (semacam¬†clickbait).
  • Untuk penulisan artikel sendiri biasanya ditulis dengan metode yang lebih sistematis. Hal tersebut dilakukan karena tulisan dalam artikel menyertakan fakta atau data yang memang harus bisa diuji kebenarannya, jadi penulis tidak bisa begitu saja memasukkan data maupun fakta yang tidak jelas sumbernya, harus ada literatur atau sumber teori yang jelas. Sedangkan untuk penulisan konten opini, biasanya berisi pendapat dari sang penulis mengenai suatu topik berdasarkan sudut pandangnya sendiri. Konten yang dihasilkan pun sudah pasti akan bersifat lebih subjektif karena memang hanya mengandalkan data atau pendapat yang dimiliki oleh penulis konten yang bersangkutan.
  • Sebuah konten opini biasanya bersifat persuasif dan bertujuan untuk mempengaruhi pembacanya agar mengikuti pendapat yang diberikan oleh penulis maupun jasa pembuatan artikel dalam sebuah topik tertentu. Sedangkan sebuah artikel lebih bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pembacanya tanpa tujuan untuk mempengaruhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *