Ketahui Alat Berat Berdasarkan Fungsinya

Ketahui Alat Berat Berdasarkan Fungsinya

Alat berat berfungsi sebagai pembantu atau penunjang dalam proyek konstruksi yang bertujuan memudahkan dan mengefesienkan pekerjaan. Namun, dengan penggunaan alat berat yang tidak tepat, akan berpengaruh langsung pada kerugiaan biaya, waktu dan juga target pengerjaan.

Sebagian besar dari anda mungkin sudah pernah mendengar jenis-jenis dari alat berat ini. Ada beberapa alat berat yang sering dipakai, seperti doxen, alat pengangkut, alat pemadat dan juga alat gali. Tapi seberapa dalam anda mengetahui akan fungsi dari setiap alat tersebut?

Alat Berat Sesuai Dengan Kegunaanya

Kali ini SARANA MUTU akan memberikan ulasan mengenai alat berat berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Berikut ini beberapa klasifikasi alat berat jika dilihat dari kegunaannya, di antarnya adalah :

  • Alat Pengolah Lahan

Dalam proses pembukaan lahan seperti menghilangkan semak, pepohonan dan lain sebagainya ini menggunakan alat pengolahan lahan yang terbagi menjadi beberapa jenis dan fungi yang berbeda-beda. Seperti contohnya, Dozer yang dipakai untuk menghilangkan semak, Scraper yang dipakai untuk pengangkatan lapisan tanah bagian teratas dan Motor Garder yang dipakai untuk pembentukan permukaan tanah supaya rata.

  • Alat Penggali

Alat penggali ini juga dikenal sebagai excavator. Sama seperti namanya, ini merupakan alat yang dipakai untuk menggali tanah dan bebatuan. Untuk beberapa alat yang juga masuk dalam kategori ini adalah Backhoe, Dragline, dan juga Clamshell.

  • Alat Pengangkut

Untuk alat pengangkut biasanya memakai tower crane dan juga truk. Untuk tower crane biasanya akan digunakan sebagai alat angkut bahan material dan para pekerja secara vertical ataupun horizontal, dan alat ini umumnya ada pada jenis proyek bangunan yang tinggi. Sementara untuk truk biasanya dipakai untuk mengangkut bahan material dengan jarak tempuh yang lumayan jauh.

Ketahui Alat Berat Berdasarkan Fungsinya2

  • Alat Pemadat

Pada beberapa konstruksi bangunan, seperti misalnya jalan raya, gedung dan lain sebagainya membutuhkan alat pemadat yang bisa bekerja secara maksimal. Beberapa alat yang masuk dalam kategori alat pemadat meliputi tamping rammer, stamper kodok, compactor dan masih banyak lainnya.

  • Alat Pemroses Bahan Material

Alat ini juga sangat dibutuhkan dalam sebuah konstruksi bangunan. Ini berfungsi untuk mengubah bahan material sesuai dengan kebutuhan. Seperti contohnya alat untuk memotong besi baja, alat untuk mengaduk adonan semen dan lainnya. Pada kategori alat ini di antaranya yaitu, Bar Cutter, Crusher dan Concrete Mixer Truk.

Untuk bisa mendapatkan alat-alat ini juga sangatlah mudah, sebab ada perusahaan SARANA MUTU yang khusus bergerak di bidang penjualan alat konstruksi yang menyediakan berbagai alat berat tersebut. Tidak hanya itu, mereka juga menyedikan layanan servis alat berat bagi mereka para kontraktor yang mungkin sedang mengalami kendala pada alat berat dalam  proses konstruksinya.