Muncul Goresan Pada Lantai Kayu? Ikuti 5 Langkah Perbaikan Ini

Titrov.net – Memilih lantai kayu atau parket untuk sebuah hunian adalah pilihan yang sangat tepat. Walaupun lantai kayu lebih mahal dibandingkan lantai keramik dan sejenisnya ada lebih banyak kelebihan yang didapatkan. Pertama, kayu sebagai lantai memiliki tampilan yang sangat indah dengan serat dan warna naturalnya.

Goresan Pada Lantai Kayu

Tidak ada serat kayu yang sama walaupun jenis kayu yang digunakan sama. Kedua adalah lantai kayu memiliki resiko cedera yang lebih rendah bagi para penggunanya. Ketika anak-anak berlarian di atas lantai kayu, kemungkinan jatuh di atasnya sangat rendah. Bahkan jika terjatuh pun cedera yang dialami tidak parah, karena kayu memiliki sifat yang lebih lentur. Alasan ketiga adalah perawatan yang mudah, ketika muncul goresan perbaikan lantai kayu tidak sesulit lantai keramik.

Cara Memperbaiki Lantai Kayu Karena Berbagai Goresan

Cara Memperbaiki Lantai Kayu Karena Berbagai Goresan

Cacat goresan pada lantai kayu bisa muncul kapan saja karena beberapa penyebab. Goresan akan tetap muncul karena sering digunakan. Bisa juga karena pemilik rumah menggeser dan meletakkan perabotan dengan cara yang salah. Tidak perlu panik ketika goresan muncul, karena itu adalah hal wajar yang bisa segera diperbaiki. Anda bahkan bisa memperbaikinya sendiri tanpa harus memanggil tukang profesional dan membayar mahal. Ikuti solusi perbaikannya berikut ini:

  • Bersihkan area yang tergores

Pertama adalah carilah area mana saja yang muncul goresan, baik itu goresan yang dalam atau cukup ringan. Jangan lupa tandai dengan kain tetapi jangan menggunakan pena atau spidol. Bersihkan area tersebut dengan kain lap yang sudah dibasahi air dan diperas. Anda juga bisa menggunakan kain lap berbahan microfiber agar kelembaban cepat mengering.

  • Amplas permukaan goresan

Setelah debu dan kotoran diangkat dengan kain lap, maka langkah selanjutnya adalah mengamplas bagian tersebut. Fungsi amplas adalah untuk sedikit menghilangkan lapisan cat atau pernis diatasnya. Anda bisa menggunakan amplas jenis aluminium oxide bernomor 240 atau 220. Amplas harus searah serat kayu dan setelah selesai, bersihkan debunya dengan kain lap kering.

  • Aplikasikan dempul kayu

Siapkan dan gunakan dempul kayu yang memiliki warna sama seperti finishing parket. Ambil sedikit dempul kemudian oleskan pada bagian yang tergores. Anda membutuhkan scrape untuk bisa mengaplikasikannya. Jika dempul terlalu keras, cobalah untuk mencampurkannya dengan bahan pelarut yang disarankan pada kemasan. Tekan dempul dan ratakan kemudian tunggulah mengering.

  • Keringkan dan amplas

Ulangi proses mengaplikasikan dempul pada semua area yang tergores. Waktu kering harus disesuaikan dengan saran pada kemasan. Jika dempul sudah kering maka akan mengeras, cobalah untuk menekan dengan ibu jari. Jika tidak tertinggal cap sidik jari tandanya sudah kering. Lanjutkan dengan pengamplasan. Untuk mengamplas, Anda bisa menggunakan amplas baru nomor 240. Amplas permukaannya dengan amplas yang dibalutkan pada balok kayu agar hasilnya merata. Bersihkan debu bekas pengamplasan dengan kain lap yang kering.

  • Mengecat di atas dempul

Saatnya mengecat, jika lantai parket menggunakan warna stain, maka pilih warna yang mirip. Jangan lupa siapkan pernis agar lantai lebih terlindungi. Pertama larutkan stain dan kuaskan ke atas permukaan yang tadi telah didempul. Gunakan kuas berukuran kecil dan bekerjalah hari-hati agar hasilnya rapi. Anda bisa menggunakan bantuan isolasi kertas untuk membatasi area yang hendak di cat. Selesai aplikasi stain, keringkan dan amplas. Terakhir aplikasikan pernis dan tunggu lapisannya mengering. Baru terakhir lepaskan isolasi kertas dan semua goresan akan tertutup rapi.