Penjelasan Tentang Cara Memakai Bar Bender Dan Bar Cutter

Dilihat dari banyaknya jenis alat berat yang paling sering digunakan umumnya seperti dozer, excavator, truck, dan sebagainya. Tetapi dalam melakukan pekerjaan proyek dibutuhkan juga alat kecil

yang dapat membentuk baja tulangan. Salah satunya adalah bar bender. Cara kerja alat ini adalah dengan memasukkan baja yang akan dibengkokan pada poros tekan dan poros bengkok. Pada saat proses pembengkokan ujung baja, tarik poros pembengkok lalu mesin ini pun akan mengunci baja.

Alat ini juga memiliki batas untuk pembengkokan besi tulangan maksimal 32 milimeter. Perhatikan lingkungan di sekitar pada saat ingin menggunakannya. Menjadi sangat berbahaya bila tidak hati-hati saat melewati area yang sedang dilakukan pekerjaan dengan alat ini. Penyebab kecelakaan ketika sedang melakukan pembengkokan tulangan besi terhadap pekerja saat melewati jalur tersebut menjadi salah satu perhatian penting dalam proyek yang memakai alat ini.

Mengenal Apa Itu Bar Cutter

Selain alat bender, ada juga bar cutter yang gunanya sebagai pemotong baja tulangan sesuai dengan yang dibutuhkan. Alat ini juga memiliki dua macam versi, yaitu manual dan listrik. Dalam penggunaan versi listrik memang sangat diuntungkan. Sebab bisa memotong besi tulangan dengan diameter besar dan mutu yang tinggi, sehingga waktu pekerjaan pun menjadi lebih cepat. Ukuran batas lebih dari diamensi besi tulangan adalah 32 milimeter.

 

Cara kerja alat ini adalah dengan memasukan baja yang akan di potong kedalam gigi mesin tersebut, lalu injak pedal pengendali. Hanya menunggu beberapa detik saja baja akan terpotong. Untuk baja tulangan yang berukuran besar cara pemotongannya dilakukan satu per satu. Namun, pada pemotongan besi tulangan yang berdiameter kecil, bisa dilakukan beberapa buah tentunya sesuai dengan kapasitas mesin tersebut. Dalam penggunaan alat ini, juga harus diperhatikan hal lainnya. Sebab agar tidak membahayakan para pekerja lain.

Tips Dan Aturan Pada Saat Memotong Dan Membengkokkan Baja

Salah satu pekerjaan yang berkaitan dengan besi tulangan memegang peranan penting untuk kualitas dan kekuatan pada sturtur tempat yang akan dibangun. Maka dari itu, ada beberapa hal yang musti diperhatikan menyangkut dengan pemotongan dan pembengkokan baja tulangan memakai alat. Berikut ini adalah aturannya :

  1. Tidak ada minyak, lumpur, karat, atau kotoran lainnya dalam baja tulangan yang akan digunakan.
  2. Baja yang akan dipotong atau dibengkokkan, harus menggunakan cara-cara khusus agar tidak merusaknya.
  3. Untuk baja yang berukuran lebih dari 2 centi meter, harus dibengkokkan dengan mesin alat ini.
  4. Bagi baja yang sudah dilakukan pembengkokan, tidak boleh lagi dilakukan dengan arah yang berlawanan.
  5. Kalau ingin melakukan pembengkokan, baja yang digunakan harus dalam keadaan dingin. Karena pembengkokan yang dilakukan dengan cara panas hanya dapat disetujui oleh pihak proyek konstruksi.

Itulah tadi kegunan dari mesin alat pemotong dan pembengkok besi baja. Untuk mendapatkan informasi lebih jelas seputar tentang alat-alat konstruksi, anda dapat mengaksesnya di http://saranamutu.co.id/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *