Sering Dikira Sama, Ternyata Ini Bedanya Art Paper dan Kertas Ivory

Ternyata Ini Bedanya Art Paper dan Kertas Ivory

Dalam dunia percetakan, dikenal beberapa jenis kertas yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Sebutlah misalnya kertas HVS, karton, concordeart paper, atau ivory. Khusus untuk dua jenis kertas yang disebutkan belakangan, banyak orang yang mengira keduanya sama lantaran memiliki permukaan yang sama-sama mengkilap. Padahal, art paper dan ivory mempunya karakteristik yang berbeda. Makanya, jangan buru-buru datang ke penyedia jasa print warna A1 terdekat kalau belum tahu perbedaan keduanya agar tidak salah pilih kertas.

Jangan Cuma Fokus Cari Harga Print Kertas A1 yang Termurah, Pahami Juga 4 Perbedaan Art Paper dan Ivory Ini!

Ternyata Ini Bedanya Art Paper dan Kertas Ivory

Boleh-boleh saja sih kalau mau cari tempat print A1 terdekat yang paling murah. Tapi, jangan sampai ketika hendak cetak berkas malah salah kertas, ya! Oleh karenanya, kamu perlu tahu perbedaan jenis-jenis kertas yang ada di percetakan, salah satunya art paper dan ivory. Meskipun terlihat sama, tapi kedua jenis kertas itu sangat berbeda. Ini dia 4 perbedaan art paper dan kertas ivory!

1. Warna

Seperti kertas pada umumnya, art paper memiliki beberapa pilihan warna. Karakteristik khas kertas ini adalah warnanya yang kinclong. Kalau kamu pilih warna putih, pasti pewarnaan kertasnya terkesan sangat cerah. Hal ini berbeda dengan kertas ivory yang cenderung buram. Warna pada kertas ivory tidak secerah kertas art paper. Perbedaan ini tentunya mempengaruhi harga yang ditawarkan. Saat ingin cetak dengan ukuran A1, pasti harga print kertas A1 akan berbeda, tergantung dari kertas jenis apa yang mau digunakan.

2. Permukaan yang Mengkilap

Yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu adalah baik kertas art paper maupun ivory sama-sama memiliki permukaan yang mengkilap. Inilah yang membingungkan banyak orang sehingga mereka menyebutnya kedua kertas tersebut sama. Padahal, jika diperhatikan lebih detail, permukaan yang mengkilap pada kertas art paper terletak di kedua sisinya. Sedangkan pada kertas ivory, hanya satu permukaan yang mengkilap dan sisi lainnya tidak.

3. Kegunaan

Art paper banyak digunakan untuk mencetak sampul buku, kalendar, brosur, katalog, flyercompany profile, proposal, poster, dan lain sebagainya. Sedangkan kertas ivory lebih sering dipakai untuk membuat kemasan produk makanan atau kosmetik. Tenang saja, kualitas kertas ivory sudah memenuhi standart food grade yang sangat aman untuk membungkus makanan. Bahannya pun tidak mudah rusak sebagaimana kertas lainnya.