Tips Dalam Melepas Wallpaper Dinding

Tips Dalam Melepas Wallpaper Dinding

Wallpaper dinding tentunya dapat mengubah tampilan ruangan yang tadinya membosankan menjadi lebih menarik dan indah untuk dipandang. Dalam kehidupan manusia memang sangatlah dinamis, rasa bosan akan sering datang dan terkadang perlu juga dilakukan penyesuaian dalam suatu elemen yang sudah ditambahkan. Ini sama halnya dengan wallpaper dinding, mungkin anda akan cepat merasa bosan dengan motif dan warna wallpaper yang telah anda pasang. Akan tetapi sebelum melakukan cara terbaik dalam melepas wallpaper dan menggantinya dengan yang baru, anda juga perlu mengetahui beberapa jenis pelapis dnding dan juga jenis permukaan dinding yang akan dilapisi wallpaper tersebut.

Pada jenis permukaan dinding, umumnya ada 2 jenis permukaan dinding yang akan sangat sering digunakan yakni gypsum dan plaster. Untuk cara membedakannya sangat mudah, anda hanya perlu merasakannya. Pada permukaan dinding yang plester ini biasanya akan lebih keras, dingin dan halus dibandingkan drywall. Dan pada permukaan drywall ini ketika di tekan akan lebih terasa berongga dan tidak terlalu keras. Bahkan pad dinding drywall ini akan lebih rentan jika terkena air dari pada plaster, maka perawatannya juga harus hati-hati.

 

Melepas Wallpaper Dinding

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan ketika anda akan melepaskan wallpaper lama anda dan menggantikannya dengan yang baru. Berikut di antaranya:

  • Melepas Menggunakan Air

Ini adalah cara paling sederhana dalam melepaskan wallpaper. Caranya adalah dengan hanya menyikatnya menggunakan air dengan bantuan spons. Dengan air tersebut nantinya itu akan membasahi wallpaper dan juga lem yang ada di dalamnya dan memungkinkan untuk wallpaper menjadi terkelupas. Namun metode ini tidak dapat bekerja pada jenis wallpaper vinyl sebeb vinyl tidak berpori. Tapi tentunya cara ini akan sangat bekerja pada jenis wallpaper modern sekarang ini.

  • Menggunakan Bahan Kimia

Bahan Kimia untuk melepaskan wallpaper ini bisa di dapatkan pada toko wallpaper. Bahkan kimia ini nantinya dicampurkan dengan air hangat dan juga cuka, setelah itu semporkan air ini pada wallpaper yang akan di lepaskan. Anda mungkin harus melakukan cara ini beberapa kali agar wallpaper bisa basah dan mudah untuk dilepaskan nantinya. Atau anda juga bisa melakukan pelubangan pada wallpaper agar membantu wallpaper cepat basah dan menyerap air. Setelah bahan tersebut meresap dan lem terkelupas maka anda bisa menarik wallpaper dinding dengan mudah dari bagian pinggirnya terlebih dahulu. Apabila masih mengalami kesusahan maka pakai alat bantuan seperti pisau dan benda tajam lainnya.

  • Menggunakan Uap

Adalah sebuah alat yang memang khusus untuk digunakan untuk melepaskan wallpaper yaitu steamer wallpaper. Alat ini memiliki penampung air dan dilengkapi dengan pemanas listrik juga selang untuk mengarahkan uap pada wallpaper. Dengan uap tersebut akan membuat lem secara otomatis lepas dari wallpaper. Namun jika menggunakan cara ini, anda juga harus melakukan perawatan khusus pada permukaan dinding. Sebab permukaan dinding nantinya bisa rusak dan tidak rata yang dii sebebkan oleh uap tersebut.

Untuk bisa mendapatkan wallpaper dinding dan sekaligus dengan jasa pemasangannya, maka toko wallpaper yang paling tepat untuk anda kunjungi adalah WALLPAPER BAGUS. Mereka telah terkenal dengan produk pelapis dindingnya yang berkualitas dan juga pelayanannya yang maksimal.